HUT Toba Ke- 25 Tahun, Sekda Toba Membacakan Sejarah Singkat TerbentukNya Kab. Toba

oleh : -
HUT Toba Ke- 25 Tahun, Sekda Toba Membacakan Sejarah Singkat TerbentukNya Kab. Toba
banner 970x250

TOBA (Beritakeadilan, Sumatera Utara) - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Toba, dalam rangka Hari Jadi Ke - 25 Tahun Kabupaten Toba, Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, August Sitorus akan membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Toba. Di Aula DPRD Kab.Toba. Balige , 09 Maret 2024.


Dalam Kesempatan , Sekda Kab.Toba, August Sitorus, " Yang kami hormati bapak Bupati Toba , Ketua dan wakil ketua DPRD Kab.Toba serta seluruh anggota DPRD Kab.Toba, yang kami hormati Bapak Bupati Pertama Kab.Toba ,Bpk. Dr. Sahala Tampubolon , yang kami hormati Almarhum Bpk.Dr. Monang Sitorus atau yang mewakili , yang kami hormati Bpk. Kasmin Simanjuntak Bupati kabupaten Toba ke tiga , yang kami hormati Bpk. Ir. Erwin Siagian, Bupati Ke Empat dan yang kami hormati forum kordinasi pimpinan daerah kabupaten Toba yang hadir pada saat ini Bapak. Dandim , Bapak Kapolres diwakili , Ibu Ketua Pengadilan dan Kejari Toba.

Lanjut August Sitorus " Yang saya hormati ibu ketua team penggerak PKK Kab.Toba beserta Ketua Darma Wanita persatuan , yang saya hormati Ibu Ketua DPRD beserta Ibu Wakil Ketua , yang saya hormati para staff ahli Bupati, para asisten dan para sekdakab Toba , para pimpinan perangkat daerah beserta Camat Se- Kab.Toba para pimpinan BUMN dan para pimpinan swasta kabupaten Toba , yang saya hormati pimpinan instansi Vertikal Se-Kab.Toba para tokoh masyarakat , tokoh adat, tokoh Agama dan Pemuda Serta LSM , dan organisasi dan Insan Pers Se-Kab.Toba dan para hadirin yang berbahagia Izin kan kami membacakan Sejarah singkat berdirinya Kabupaten Toba .

August Sitorus" Kabupaten Toba dimekarkan dari Kabupaten Daerah tingkat dua Tapanuli Utara setelah menjalani waktu yang cukup panjang dan melewati berbagai proses sejak usulan resmi tahun 1992. yang pada awalnya digagas oleh Bupati Tapanuli Utara, Lundung Panjaitan, S.H., dengan mengangkat panitia pemekaran Dr. Sahala Tampubolon sebagai ketua. Dr. R.E. Nainggolan sebagai wakil ketua dan Dr.Mangantar Manurung sebagai sekretaris serta Dr. Yasmin Siregar sebagai bendahara.

Lanjut August " Enam tahun kemudian upaya itu berhasil dengan di tetapkan Nya Undang- undang No 12 Tahun 1998 tentang pembentukan kabupaten daerah tingkat 2 Toba Samosir dan Kabupaten daerah tingkat 2 Mandailing Natal yang diresmikan pada tanggal 09 Maret 1999 oleh Mentri dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia di kantor Gubernur Sumatera Utara sekaligus melantik Sahala Tampubolon sebagai penjabat Bupati Toba Samosir.

Setelah peresmian Toba Samosir selanjutnya diikuti pengangkatan Ketua DPRD sementara yaitu M.P.Situmorang kemudian dilakukan pemilihan Pimpinan DPRD dan terpilih dr. Unggul Siahaan Ketua DPRD Kab.Toba Samosir. M.A. Simanjuntak dan Dr.M.P.Sitanggang masing-masing sebagai wakil ketua.

Dan sampailah ke Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus M.S.c. dan Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak S.E., Periode 2016 - 2021 dengan Visi mewujudkan " Toba Unggul Dan Bersinar "

Selanjutnya pada tanggal 29 Agustus 2022 melalui keputusan Bupati Toba Nomor 579/22 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kab.Toba Samosir, menetapkan Dr. August Sitorus sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir. Kata Sekda Toba

(Alex)

banner 400x130
banner 728x90