Danrem 052/Wkr Dampingi Sekaligus Pengamanan Kegiatan Kunker Wapres RI Ke Ponpes Darul Archam Rajeg

oleh : -
Danrem 052/Wkr Dampingi Sekaligus Pengamanan Kegiatan Kunker Wapres RI Ke Ponpes Darul Archam Rajeg
banner 970x250

TANGERANG (Beritakeadilan, Banten) - Danrem 052/Wkr, Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.,M.M.Mendampingi sekaligus Pengamanan Wapres RI Prof. Dr. (H.C) Drs. K.H Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) dalam rangka Peresmian dan Festival Kemandirian BLK Komunitas di Ponpes Darul Archam Rajeg, Jl. Raya Rajeg RT/RW 02/01 Desa Tanjakan, Kec. Rajeg, Kab. Tangerang.Kamis (7/3/2024)

Dalam laporannya Menaker RI Dr. Hj. Ida Fauziah, M.Si, menjelaskan bahwa pembangunan manusia unggul yang maju adalah pekerja keras, berdedikasi, pembangunan BLK komunitas di seluruh Imdonesia yang diamanatkan melalui Kemanaker RI.

"Kemenaker RI sudah mengalokasi program dan anggaran tang tersebar di seluruh Indonesia. Sampai dengan tabun 2023 Jumlah BLK komunitas 4.282 BLKK, jumlah instruktur 4.282 orang dan kapasitas 274.048 orang.Yang diundang saat ini 525 BLKK alhamdllh semuanya hadir dan saatnya nanti berkenan bapak Wapares meresmikan secara simbolis."

Adapun jenis Bantuan yang diterima :
- Pembiayaan pembangunan 1 unit gedung whoksop
- Bantuan Peralatan Pelatihan Vokasi untuk satu kejuruan yang diberikan dalam bentuk barang
- Pelatihan dasar bagi instruktur dan tenaga kepelatihan"terangnya.

Sementara itu Wapes RI dalam sambutannya menyampaikan
Sektor ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting pertumbuhan ekonomi. Bagi negara Indonesia yang penduduk angkatan kerjanya sedang berlimpah, pemerintah wajib memberikan perhatian ekstra termasuk dalam upaya penciptaan lapangan kerja maupun tenaga kerja yang Berdikari.

"Pada tahun 2023, BPS mencatat jumlah pengangguran sebanhak 7,9 juta jiwa. Meski terus berkurang, namun angka ini masih besar dibandingkan angkatan kerja yang mencapai 146 juta jiwa. Hal ini berarti tantangan untuk mengurangi pengangguran yang masih tinggi."

- Apresiasi langkah Kemenaker yang terus konsistem membuat terobosan, al. pengembangan BLKK yang disesuaikan kebutuhan masyarakat setempat serta menyasar daerah yang relatif tertinggal.

"Berharap BLKK terus dikembangkan kualitas dan tata kelola khususnya yang ada di lingkup pendidikan agama seperti Ponpes dan serikat kerja/serikat buruh."

"BLKK harus kreatif dan aktif berkolaborasi dengan Pemda setempat dan pengusaha lokal agar berkembangan jadi BLKK yang mandiri.Sejak 2017 s.d 2023 telah terbangun 4.282 BLKK di seluruh Indonesia termasuk yang terbangun pada 2023 sebanyak 525 BLKK."

"BLKK harus dikembangkan menjadi lembaga pelatihan yang kredibel dan mandiri serta rujukan bagi masyarakat pencari kerja. Sementara Kemenaker membangun BLKK di wilayah dengan kemiskinan ekstrim untuk mendukung penghapusan angka kemiskinan ekstrim pada 2024."

"Selain itu Kemenaker agar mengembangkan BLKK yang terkoneksi dan selaras dengan dunia industri terutama di sekitar BLKK. Jenis kejuruan BLKK agar disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal. Pemda agar terus mendukung keberadaan BLKK di daerahnya agar BLKK mampu menjadi solusi bagi masalah ketenagakerjaan saat ini."tutup Wapres

(M.Nur/ Sumber penrem52)

banner 400x130
banner 728x90