Pasca Kebakaran di Kebon Kosong Jakarta, Warga Diresahkan Sekelompok Oknum Minta Sumbangan dengan Cara Memaksa

oleh : -
Pasca Kebakaran di Kebon Kosong Jakarta, Warga Diresahkan Sekelompok Oknum Minta Sumbangan dengan Cara Memaksa
banner 970x250

JAKARTA PUSAT (Beritakeadilan, DKI Jakarta)- Warga Kemayoran diresahkan oleh sejumlah oknum yang mengaku dari Karang Taruna (Kartar) korban kebakaran Rabu, (17/04/2024) yang menghanguskan 5 (lima) rumah di wilayah Kelurahan Kebon Kosong RT. 012/RW. 003. Sekelompok oknum ini meminta-minta sumbangan ke sejumlah warga di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran.

Informasi yang digali www.beritakeadilan.com, aksi sekelompok oknum ini terekam Closed-Circuit Television (CCTV). Dari rekaman CCTV tersebut ada 3 (tiga) orang wanita dan 2 (dua) orang pria sedang beraksi meminta-minta sumbangan ke warga dengan cara memaksa. Dilihat dari kwitansi surat donasi yang beredar luas, para oknum ini meminta sumbangan kisaran Rp 50 ribu.

Ketua RT 09/ RW 03, Abdul Rashid yang mengaku saat kejadian kebakaran sempat dilarikan ke Rumah Sakit (RS) ini menjelaskan bahwa tindakan oknum masyarakat tidak dikenal itu sudah viral. "Sudah viral bang, orang yang minta sumbangan atas nama korban kebakaran tersebut. Saya juga di telpon Ketua RW atas kebenaran info tersebut. Pihak  kita tidak pernah meminta sumbangan. Saya juga pada saat kejadian ada  di RS menjalani perawatan," jelas Abdul Rashid saat dikonfirmasi www.beritakeadilan.com.

"Dari rekaman CCTV, ada lima  orang, tiga perempuan dan dua  laki laki. Info yang kita dapat, mereka sudah minta sumbangan ke sekitar Kelurahan Utan Panjang, Serdang, Gunung Sahari, Kebon Kosong dan Cempaka Baru. Mereka minta sumbangan memaksa warga dengan cara menggedor gedor pintu rumah warga. Kita lagi pantau juga," tegas Abdul Rashid.

Lurah Kebon Kosong, Alfalast S. Dewanto saat di konfirmasi www.beritakeadilan melalui Whatsapp (WA) menjawab.  "Wah kebiasaan nih, saya yakin ini oknum. Tapi coba saya konfirmasi dulu ke pak Ketua RW. Mudah-mudahan tidak benar dari Katar terkait informasi tersebut," jelasnya.

Di waktu berbeda, Kapolsek Kemayoran, Kompol Arnold melalui percakapan WA, mehimbauan agar warga Kemayoran dan warga Jakarta jangan mudah percaya dengan adanya orang atau sekelompok orang mengatas namakan korban kebakaran wilayah Kelurahan Kebon Kosong RT. 009 / RW. 003 untuk meminta minta sumbangan. Karena itu adalah tindak pidana penipuan yang memanfaatkan situasi. Diharapak warga lebih bijak dan melaporkan praktik praktik seperti itu ke Kepolisian terdekat atau melalui Bhabinkamtibmas, RT, RW," pungkasnya. (vna)

 

banner 400x130
banner 728x90