Gelar Musrenbang, Pemkab Klaten Perkuat RPJPD 2025—2045

oleh : -
Gelar Musrenbang, Pemkab Klaten Perkuat RPJPD 2025—2045
banner 970x250

KLATEN (Beritakeadilan, Jawa Tengah) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Grha Bung Karno (GBK) Klaten, Rabu (27/3/2024). Forum tersebut digelar dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025—2045 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025.

Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Klaten, Pandu Wirabangsa mengatakan maksud diselenggarakannya agenda ini sebagai penajaman, penyelarasan, dan penyepakatan arah kebijakan yang tertuang dalam rancangan RPJPD tahun 2025-2045 dan prioritas pembangunan Kabupaten Klaten tahun 2025.

“Musrenbang ini merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan secara tahapan, sekaligus kita berharap melalui forum ini muncul penyempurnaan perencanaan yang yang telah kita susun sejak medio 2023 hingga 2024,” paparnya.

Forum ini mengambil tema “Mewujudkan Klaten yang Maju, Sejahterah, dan Berkelanjutan” dalam penyusunan rancangan RPJPD Kabupaten Klaten 2025—2045 dan “Peningkatan kemandirian daerah didukung pengutan daya saing ekonomi lokal dan tata kelola pemerintahan yang baik” dalam rancangan RKPD Kabupaten Klaten 2025.

“Forum ini digelar dengan tujuan memperoleh masukan penyempurnaan rancangan RPJPD tahun 2025-2045 dan RKPD tahun 2025 dari pemangku kepentingan. Serta meningkatkan sinergitas, konsistensi, sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah yang mampu mengakomodi kebutuhan masyarakat dan selaras dengan pembangunan Pusat, Provinsi, dan Daerah,” kata Pandu.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan forum ini merupakan tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang harus dilaksanakan. Adapun prioritas pembangunan 2025, yaitu penguatan investasi dan daya saing potensi daerah, pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, penguatan tata kelola pemerintahan yang baik profesional jujur bersih transparan bertanggungjawab dan anti korupsi, penguatan keunggulan dan daya saing bersumber daya manusia, serta pemanfaatan infrastruktur yang berkualitas dan pelestarian lingkungan hidup.

“Untuk itu melalui forum musrenbang pada hari ini saya berharap kepada pimpinan OPD bersama pihak-pihak terkait untuk berpikir terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif, mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secar terukur, terarah, akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada. Selain itu, melalui musrenbang ini diharapkan terbentuk pula dalam pembangunan partisipasif masyarakat klaten dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya.

Forum ini dihadiri oleh sekitar 400 undangan yang terdiri dari OPD, stakeholder, serta masyarakat. Dalam forum tersebut turut disampaikan rancangan RKPD 2025 dan rancangan RPJPD 2025—2045 oleh Sekretaris Daerah Klaten, Jajang Prihono serta penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Klaten oleh Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo.

(ang/Kominfo-klt)

banner 400x130
banner 728x90