Polres Metro Jakarta Timur gelar Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Peringatan Ke-78 Hari Bhayangkara

oleh : -
Polres Metro Jakarta Timur gelar Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Peringatan Ke-78 Hari Bhayangkara
banner 970x250

JAKARTA TIMUR (Beritakeadilan, DK Jakarta) - Polres Metro Jakarta Timur menggelar acara nonton bareng pagelaran wayang kulit untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Acara ini dilaksanakan di Lobby Lt 3 Mapolres pada Jumat malam (05/07/2024) dengan sarana live streaming dan Zoom Meeting.

Acara ini dihadiri oleh Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Burhanuddin, Forkopimko, Para PJU Polres, Para Kapolsek Jajaran, tokoh masyarakat dan komunitas pencinta wayang.

Polri kembali mengusung kegiatan kebudayaan dengan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Tahun ini, lakon yang diangkat adalah “Tumurune Wiji Sejati”, yang mengisahkan lahirnya kesatria sejati, Raden Wisanggeni. “Tumurune wiji sejati itu artinya lahirnya satria unggul, cerdas dan sakti. Yakni, Raden Wisanggeni,” kata Wakapolres.

Wakapolres menjelaskan bahwa lakon ini dipilih dengan pesan khusus bagi masyarakat, yakni sosok Wisanggeni yang menegakkan kebenaran, keadilan dan kejujuran.

“Seperti sosok Raden Wisanggeni ini simbol kekuatan dan keragaman yang luar biasa,” tambahnya.

Ini merupakan tahun ketiga Polri mengadakan pertunjukan wayang kulit dalam rangka Hari Bhayangkara. Lakon dimainkan oleh dalang, yaitu Ki Yanto (Hakim Agung), Ki Sri Kuncoro (perwira Polri berpangkat Ipda), dan Ki Harso Widisantoso (perwira TNI berpangkat Mayor Angkatan Laut), serta Ki Bayu Aji Pamungkas dari unsur aparatur sipil negara. Selain wayang kulit, acara juga dimeriahkan oleh hiburan komedi dari seniman srimulat seperti Dhinas Tedjo, Endah Laras, Cak Percil, Eka Kebumen, dan Agens Serfozo.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta pejabat utama Mabes Polri, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, serta perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

“Pertunjukan wayang ini dilaksanakan langsung di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri,” pungkas Burhanuddin.

( Hari P )

banner 400x130
banner 728x90