Korem 051/Wijayakarta Berkolaborasi dengan Petrokimia Gresik untuk Uji Tanah di Lahan Urban Farming

oleh : -
Korem 051/Wijayakarta Berkolaborasi dengan Petrokimia Gresik untuk Uji Tanah di Lahan Urban Farming
banner 970x250

CIBITUNG - KABUPATEN BEKASI (Beritakeadilan, Jawa Barat) – Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan dan pengelolaan lahan pertanian yang lebih baik, Korem 051/Wijayakarta (WKT) bekerjasama dengan Petrokimia Gresik untuk melaksanakan uji tanah di lahan urban farming Korem 051/WKT yang berlokasi di Wanajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi. Tim dari Petrokimia Gresik dipimpin langsung oleh Vice Presiden Mitra Bisnis Petrokimia Gresik, Bapak Asep Saiful Muslim, dengan membawa Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS). Selasa (4/6/2024).

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kualitas tanah di lokasi urban farming tersebut, sehingga dapat diberikan rekomendasi yang tepat terkait pengelolaan tanah dan pemupukan untuk meningkatkan produktivitas lahan. Dengan menggunakan PUTS, tim dari Petrokimia Gresik akan melakukan pengambilan dan analisis sampel tanah secara langsung di lapangan sehingga dapat diketahui.

Komandan Korem 051/WKT, Brigjen TNI Riyanto, S.I.P., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam memajukan sektor pertanian perkotaan. "Kami sangat menghargai kerjasama dengan Petrokimia Gresik dalam melaksanakan uji tanah ini. Hasil dari uji tanah ini akan sangat berguna untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan urban farming yang kami kelola, sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujar Brigjen TNI Riyanto, S.I.P.

Vice Presiden Mitra Bisnis Petrokimia Gresik, Bapak Asep Saiful Muslim, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung Korem 051/WKT dalam meningkatkan kualitas lahan pertanian. "Kami membawa Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) untuk memastikan analisis yang akurat dan cepat. Kami berharap hasil uji tanah ini dapat memberikan panduan yang jelas bagi pengelolaan tanah di lahan urban farming ini," kata Bapak Asep Saiful Muslim.

Proses uji tanah akan meliputi pengambilan sampel tanah dari beberapa titik strategis di lokasi urban farming. Sampel tanah tersebut akan dianalisis untuk mengetahui kandungan unsur hara, pH tanah, tekstur tanah, dan parameter penting lainnya. Hasil dari analisis ini akan menjadi dasar bagi rekomendasi pengelolaan tanah, termasuk jenis pupuk yang sesuai dan teknik pengolahan tanah yang optimal.

Dengan adanya kegiatan ini, Korem 051/WKT berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, tidak hanya dalam bentuk peningkatan hasil pertanian, tetapi juga dalam bentuk edukasi mengenai pentingnya pengelolaan tanah yang baik. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan urban farming di wilayah lainnya.

(M.Nur/ @Sumber : Penrem 051)

banner 400x130
banner 728x90