Lomba Kicau Burung di Taman Jembatan Sosrodilogo Bojonegoro, Memberikan Nuansa yang Berbeda

oleh : -
Lomba Kicau Burung di Taman Jembatan Sosrodilogo Bojonegoro, Memberikan Nuansa yang Berbeda
banner 970x250

KABUPATEN BOJONEGORO (Beritakeadilan, Jawa Timur) - Kicau burung murai batu saling beradu di gantangan yang berlokasi sebelah selatan jembatan Sosrodilogo Bojonegoro. Para kicau mania tampak tegang menyaksikan kegacoran kicau saling menyambar itu. Banyak proses dipersiapkan agar burung murai batu berkicau nyaring saat perlombaan.

Mulai dari makan, perawatan setiap harinya harus diperhatikan. Terutama menjelang perlombaan, ada terapi khusus bagi burung murai medan agar bisa gacor berkicau," tutur pak hadi salah satu pecinta burung kicau saat dijumpai Beritakeadilan.com dilokasi tersebut.

Perlombaan burung di Taman Jembatan Sosrodilogo Bojonegoro menjadi penyegar suasana kala menjelang sore. Suara-suara burung berwarna hitam berpadu putih oranye dan beberapa jenis burung lainya itu memberikan nuansa musik dan melodi alam di tengah rindangnya pepohonan di Taman jembatan Sosrodilogo.

Baginya, burung bernama latin Copsychus malabaricus diperlakukan layaknya saudara. Segala perawatan, makan diperhatikan. Seperti proses pengembunan mulai dari subuh hingga pukul 07.00. Supaya burung bisa lebih rileks dan seperti berada di alam bebas.

Pengembunan dilakukan di tempat terbuka agar seperti berada di alam bebas," terangnya.

Sementara itu Hadi menjelaskan, biasanya memberi pakan burung murai menggunakan voer pabrikan dibarengi jangkrik dan kroto. Pemberian pakan bernyawa menurutnya bisa membuat birahi burung murai lebih baik sehingga kicauan burung lebih intens dan nyaring.

"Biasanya kroto satu cepuk, dan jangkrik yang belum punya sayap membuat burung lebih terangsang untuk berkicau," jelasnya Sabtu(1/6/2024).

Disisi lain, Peserta lomba burung kicau yang bernama Yanto masih menunggu antrian, dikarenakan banyaknya peserta yang ikut hadir dalam perlombaan tersebut.

(Iwn)

banner 400x130
banner 728x90