Polres Lamongan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024

oleh : -
Polres Lamongan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024
banner 970x250

KABUPATEN LAMONGAN (Beritakeadilan, Jawa Timur) - Polres Lamongan menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapangan Apel Mapolres Lamongan Senin pagi, (20/05).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lamongan, AKBP Bobby A. Condroputra, S.H., S.I.K., M.Si., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kegiatan upacara ini juga diikuti oleh Wakapolres Lamongan, KOMPOL Akay Fahli, S.Kom., S.I.K., M.Si., serta para Pejabat Utama (PJU) Polres Lamongan.

Susunan pasukan upacara meliputi deputasi Kabag, Kasat dan Kasi, deputasi Kapolsek/ta jajaran, peleton Satsamapta, peleton Satlantas, peleton gabungan staf, peleton gabungan Satintel, Reskrim dan Narkoba, serta peleton PNS.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan persiapan pasukan, diikuti oleh masuknya Komandan Upacara ke lapangan.

Sesaat kemudian, Inspektur Upacara tiba di lokasi dan disambut dengan penghormatan. Setelah laporan kepada Inspektur Upacara, upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Kapolres Lamongan AKBP Bobby A. Condroputra S.H. S.I.K M.Si menyampaikan pesan tentang pentingnya peran teknologo di era modern ini.

"Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia," ujar AKBP Bobby A. Condroputra.

Kapolres juga mengingatkan tentang peran historis organisasi Boedi Oetomo yang menjadi cikal bakal perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta inspirasi dari Kartini yang menyuarakan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, dan persaudaraan.

"Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. Ia telah memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda 'embrio bangsa', yang perlahan menjadi nyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional," tambahnya.

Kapolres menekankan pentingnya memanfaatkan bonus demografi dan kemajuan teknologi untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

"Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru." lanjutnya.

"Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Joko Widodo, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama," tutupnya.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, pembacaan doa, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara.

Setelah Inspektur Upacara meninggalkan lapangan, upacara dinyatakan selesai.

Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, Polres Lamongan berharap semangat kebangkitan nasional terus berkobar dan membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

(Edi)

banner 400x130
banner 728x90