125 Warga Toba Ikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Bidang Perhubungan

oleh : -
125 Warga Toba Ikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Bidang Perhubungan
banner 970x250

KABUPATEN TOBA (Beritakeadilan. Sumatera Utara) - Kementerian Perhubungan RI melaksanakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Pengemudi Kendaraan Operasional Angkatan III, Pengemudi Profesional Angkutan Umum Angkatan III & IV, dan Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau Angkatan V & VI yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Balige, Senin (14/5/2024).

Diklat yang akan berlangsung sejak 14-17 Mei 2024 ini diikuti oleh 125 warga Toba, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam hal perhubungan darat. Adapun metode pelatihan dilakukan dengan metode teori, diskusi dan praktek.

Peserta Diklat terdiri dari Direksi Angkutan Toba beserta supir angkutan, Pimpinan perusahaan angkutan barang serta para Supir, OPS Kapal Bulbul & OPS Kapal Balige,anggota Damkar Toba,dan anggota BNPB Kabupaten Toba.

Bupati Toba, Poltak Sitorus yang membuka langsung Diklat tersebut menyampaikan agar para peserta mengikuti pelatihan dengan serius.

"Ini sangat berhubungan dengan pariwisata. Jadi nanti bapak ibu harus bersikap sopan dan ramah kepada para wisatawan. Ikuti pelatihan ini dengan serius," kata Poltak Sitorus memulai sambutannya.

Kepada para peserta, Poltak Sitorus juga menyampaikan bahwa dalam hal berlalulintas, nyawa selalu terancam sewaktu-waktu. Oleh karena itu, para peserta harus benar-benar sepakat bahwa nyawa sangat berharga dan tidak ternilai harganya.

"Nyawa itu tidak ternilai harganya. Nyawa itu tidak bisa dibayar. Jadi kita harus sepakat agar kita selalu berhati-hati saat berkendara. Termasuk jangan membiarkan anak berkendara tanpa helm dan safety yang lain," katanya mengajak para peserta.

Sebelum mengakhiri sambutan, Poltak Sitorus kembali menegaskan agar para peserta benar-benar serius dalam mengikuti Diklat agar Diklat yang digelar tidak sia-sia.

Hadir Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2DT) Mempawah diwakili dr. Walfrindo Hadomuan Sihotang,Kadis Perhubungan Kabupaten Toba,Sikkat Sitompul, dan para narasumber Diklat.

(MC Toba/Alex)

banner 400x130
banner 728x90