10 Rumah Restorative Justice Diresmikan Di Kabupaten OKU

oleh : -
10 Rumah Restorative Justice Diresmikan Di Kabupaten OKU
Foto Bersama Peresmian Rumah RJ
banner 970x250

KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (BeritaKeadilan, Provinsi Sumsel) -Kejaksaan Negeri OKU bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten OKU meresmikan 10 rumah Restorative Justice (RJ). Adapun tujuan rumah RJ ini untuk meningkatkan rasa keadilan dan perdamaian dalam penyelesaian masalah hukum di wilayah Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu.

Acara peresmian secara simbolis dilakukan di salah satu rumah RJ, tepatnya di Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Selasa (19/03/24).

10 rumah RJ yang diresmikan yakni berlokasi di Kelurahan Kemalaraja, Desa Air Paoh, Kelurahan Talang Jawa, Kelurahan Saung Naga, Desa Kedondong, Desa Peninjauan, Desa Ulak Pandan, Desa Keban Agung, Desa Lubuk Batang dan Desa Gunung Meraksa.

Kajari OKU, Choirun Parapat SH MH pada kata sambutannya menyampaikan bahwa "rumah RJ disediakan untuk melaksanakan implementasi dari Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif dan Surat Edaran Jampidum No: B-475/E/Es.2/2022 tanggal 8 Februari 2022".

Lanjut Choirun, rumah RJ akan menjadi tempat untuk penyelesaian masalah hukum dengan jalan musyawarah mufakat dan perdamaian jika ada masalah atau perkara pidana di masyarakat.

“Dengan adanya RJ ini diharapkan dapat menjadi tempat yang nantinya dapat menciptakan kepastian hukum yang lebih adil tidak hanya bagi tersangka dan korban, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan, dengan menghindari stigma negatif,” terang Kajari OKU.

Kajari OKU Choirun juga menambahkan bahwa rumah RJ yang diresmikan juga akan digunakan untuk kegiatan penerangan hukum, seperti melalui program jaksa masuk Desa serta Kegiatan Pelayanan Hukum yang dilakukan oleh Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, pungkasnya.

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, yang juga hadir dalam acara peresmian rumah RJ, memberikan apresiasi tinggi kepada Kejari OKU atas peresmian 10 rumah RJ di OKU.

“Kami sangat berharap program rumah RJ ini dapat diteruskan untuk Kecamatan dan Desa lain di Kabupaten Ogan Komering Ulu,” ungkap Teddy.

Teddy berharap dengan telah diresmikannya 10 rumah RJ ini dapat membantu untuk penyelesaian masalah hukum di Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat lebih terarah, adil, mengedepankan perdamaian di masyarakat OKU.

(Ald)

banner 400x130
banner 728x90