Karumkital Dr. Midiyato Suratani Hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama SATDIK-1 Angkatan XLIV TA. 2024

oleh : -
Karumkital Dr. Midiyato Suratani Hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama SATDIK-1 Angkatan XLIV TA. 2024
banner 970x250

TANJUNGPINANG (Beritakeadilan, Kepri) - Karumkital Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., menghadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama Satdik-1 Angkatan XLIII TA. 2023 dengan Inspektur Upacara Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, S.E., M.M., yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban, Provinsi Kepri. Kamis (07/03/2024)

Adapun Komandan Upacara (Danup) dalam Upacara Pembukaan Pendidikan tersebut adalah Mayor Marinir Baron Habibi. Upacara Pembukaan Pendidikan dan Orentasi Siswa Dikmata tersebut diikuti sebanyak 102 siswa. Dalam amanatnya Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han)., yang disampaikan oleh Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, S.E., M.M., mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa melewati tahapan-tahapan seleksi dalam proses rekrutmen penerimaan calon siswa Dikmata yang penuh tantangan namun dengan segala kemauan dan kemampuan saudara dinyatakan lulus seleksi.

"Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL bertujuan untuk mendidik dan membekali Calon Tamtama TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani sesuai dengan binjas TNI, memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar keprajuritan matra laut, sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai Tamtama TNI AL yang profesional, modern dan tangguh. Pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, pendidikan dasar keprajuritan selama tiga bulan, pendidikan dasar golongan satu bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan", tutur beliau.

Di akhir amanatnya, Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, S.E., M.M., menyampaikan beberapa penekanan kepada para siswa selama menempuh pendidikan, yang pertama tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME., Allah SWT., agar para siswa mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar, kedua tumbuhkan kebanggan sebagai prajurit matra laut, garda terdepan sekaligus benteng terakhir dalam menjaga kedaulatan NKRI dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

"Yang ketiga belajar dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan semua tugas pendidikan dengan penuh rasa tanggungjawab serta semangat pantang menyerah, keempat pupuk jiwa korsa dan kebersamaan siswa untuk mendukung kelancaran tugas-tugas selama dalam pendidikan, yang kelima laksanakan semua norma peraturan dan tata tertib pendidikan sesuai arahan pelatih, instruktur dan pembimbing siswa serta tanamkan disiplin yang tinggi selama mengikuti pendidikan", tegas Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, S.E., M.M.

"Kepada Komandan Satdik-1 Tanjung Uban beserta seluruh staf instruktur dan pembimbing siswa, saya harapkan dapat melaksanakan program pendidikan ini dengan penuh rasa tanggungjawab, perhatikan keamanan dan keselamatan personel agar tujuan dan sasaran pendidikan tercapai secara optimal", pungkas Wadan Kodiklatal.

(M.Nur, HUMAS MDT)

banner 400x130
banner 728x90