F1QR Lanal Dumai Deteksi Percobaan Pencurian di Perairan Dumai

oleh : -
F1QR Lanal Dumai Deteksi Percobaan Pencurian di Perairan Dumai
banner 970x250

DUMAI (Beritakeadilan, Riau) - Telah terjadi percobaan pencurian oleh 4 (empat) pelaku menggunakan speed boat diatas Kapal MV. African Halcyon bendera Bahamas yang sedang lego jangkar di Perairan Dumai pada titik koordinat 01°43'23" N - 101°25'49" E, pada hari Kamis, 29 Februari 2024, Pukul 02.10 WIB. (01/03/2024).

Mengetahui hal tersebut, Tim F1QR Lanal Dumai yang sedang melaksanakan patroli laut seketika bergerak cepat menuju ke lokasi kejadian, setibanya di lokasi empat pelaku melarikan diri dengan cara melompat ke laut dan menaiki speed boat dengan kecepatan tinggi. Dari kejadian tersebut belum adanya kerugian material maupun personel dari pihak kapal MV. African Halcyon.

Kejadian percobaan pencurian terhadap MV. African Halcyon di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura sering terjadi diduga dilakukan oleh pelaku dengan memanfaatkan situasi kapal yang sedang lego jangkar dan kurang pangawasan dari ABK Kapal dan juga adanya kerjasama antara pelaku dengan ABK atau nahkoda kapal. Sampai saat ini Tim F1QR Lanal Dumai masih melaksanakan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku.

Hal tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR. Muhammad Ali bahwa TNI AL harus hadir untuk melindungi perairan laut Nusantara dari semua ancaman.

(M.Nur, Pen Lanal Dumai)

banner 400x130
banner 728x90