Lanal Banjarmasin Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1-P2 TA. 2024

oleh : -
Lanal Banjarmasin Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1-P2 TA. 2024
banner 970x250

BANJARMASIN (Beritakeadilan, Kalsel) - Meningkatkan kemampuan dan kehandalan Unsur-unsur dan Satuan Pangkalan TNI AL agar tercipta tingkat kesiagaan operasional, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin melaksanakan Gladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) P1 dan P2 yang diikuti oleh seluruh prajurit Lanal Banjarmasin, Selasa (13/2/2024).

Uji Terampil Glagaspur di Lanal Banjarmasin dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 12 hingga 13 Februari 2024. Uji Glagaspur P1 dan P2 tersebut merupakan tolak ukur kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh, serta untuk menguji kemampuan profesionalisme prajurit baik secara individu maupun dalam beregu atau kelompok.

Dengan kata lain l, Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I/P1 dititikberatkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan. Sedangkan Tingkat II/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas secara bersama-sama baik secara teknis maupun taktis.

Usai pelaksanaan Gelar P1 dan P2, dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Kolat Armada II. Letkol Laut (P) Fery Kurniawan sebagai Ketua Tim Penguji menyampaikan apresiasi atas semangat tinggi dan kemampuan dasar prajurit Lanal Banjarmasin dalam situasi pelaksanaan tugas yang padat masih bisa melaksanakan uji terampil dengan hasil dikategorikan sangat baik.

Usai penyerahan hasil evaluasi Uji Glagaspur P1 dan P2 oleh Katim, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P., memberikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi tinggi prajuritnya dalam berjuang dan berkarya untuk bangsa. “Bukan nilai yang kita kejar melainkan kemampuan yang melekat pada diri prajurit yang harus diasah dan ditingkatkan,” pungkasnya.

(M.Nur, Pen Lanal Banjarmasin)

banner 400x130
banner 728x90