Babinsa Koramil Kapas Bojonegoro, Dampingi Petugas Berikan Vaksinasi dan Vitamin Hewan Ternak

oleh : -
Babinsa Koramil Kapas Bojonegoro, Dampingi Petugas Berikan Vaksinasi dan Vitamin Hewan Ternak
banner 970x250

BOJONEGORO (Beritakeadilan, Jawa Timur) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Kapas Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Suparno, turut mendampingi kegiatan pemberian vaksinasi hewan ternak sapi dan kambing dari petugas Dinas Peternakan Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sembung tersebut, dalam rangka mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Tidak hanya Babinsa Koramil 0813-02/Kapas, turut mendampingi kegiatan pemberian vaksinasi dan vitamin secara bergilir oleh petugas kesehatan Dinas Peternakan Kabupaten Bojonegoro diantaranya Perangkat Desa Sembung.

Dikonfirmasi, Kamis (11/1/2024), Serda Suparno, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan itu ada sebanyak 188 ekor hewan ternak milik warga Desa Sembung yang meliputi 12 ekor sapi dan 176 ekor kambing dapat tervaksin, yang sekaligus juga diberikan vitamin sebagai upaya mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Masih menurut Serda Suparno, bahwa penyakit PMK tersebut tergolong penyakit menular yang rentan menyerang hewan ternak berkuku belah dan genap seperti sapi dan kambing. "Sehingga untuk mencegah penyakit PMK ini para peternak diharapkan selalu menjaga kebersihan kandang," ucapnya.

Kepada seluruh masyarakat diwilayah binaan khususnya warga Desa Sembung yang memiliki hewan ternak sapi maupun kambing, Serda Suparno, juga menghimbau agar senantiasa membersihkan lingkungan kandang beserta sarana prasarananya yang memungkinkan dapat menimbulkan penyakit PMK.

"Harapanya, lingkungan kandang ternak terjaga kebersihanya. Sedangkan vaksinasi dan pemberian vitamin ini tujuanya untuk meningkatkan imunitas hewan ternak, agar terhindar dari penyakit PMK," pungkasnya.

(Rwn/hms)

banner 400x130
banner 728x90