Danrem 052/Wijayakrama Dampingi Pangdam Jaya Dalam Kegiatan Urban Farming

oleh : -
Danrem 052/Wijayakrama Dampingi Pangdam Jaya Dalam Kegiatan Urban Farming
banner 970x250

JAKARTA UTARA (Beritakeadilan, DKI Jakarta) - Kegiatan Urban farming yang merupakan program TNI ADyaitu dengan memanfaatkan lahan kosong yang produktif guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat ,Kodam Jaya mengadakan kegiatan Urban farming dengan menanam pohon produktif dan sayur-sayuran di wilayah Jajahannya.Dalam kegiatan tersebut Danrem 052/Wkr, Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.M.M. mendampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI M Hasan yang di dilaksanakan di Komplek Walet Indah Kelurahan Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.Jumat (5/1/2024)

Kegiatan ini merupakan program Angkatan Darat. Untuk Wilayah Kodam jaya sendiri dilaksanakan secara serentak di 10 Kodim jajaran.Kegiatan dipusatkan di Wilayah Koramil 02/ Penjaringan, Kodim 0502/JU.untuk wilayah Kodim-Kodim lain di laksanakan secara teleconfrence dan virtual.

Dalam keterangan persnya kepada awak media Pangdam Jaya, menyampaikan Ini adalah program Uber farming yang membuat Jakarta damai dan sejahtera. Hari ini saya bersama pak gubernur pak Kapolda bapak walikota dan seluruh pejabat jajaran Kodam Jaya Polda metro dan Pemda DKI berada di tempat ini dalam rangka melaksanakan kegiatan urban farming yaitu salah satu program yang kita gagas . Tentunya kegiatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang intinya kita memanfaatkan lahan-lahan yang kosong.

" Lahan yang tidak terpakai, bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan kita bantu dengan seluruh unsur jajaran Kodam Jaya dan Polda metro serta Pemda DKI untuk bisa bersinergi. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi inflasi. Program ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam Jayakarta dan hari ini kegiatan di kecamatan penjaringan ini luas lahan yang kami tanam sekitar 5.000 meter persegi dengan jenis tanaman ada 1000 pohon cabe dan pohon-pohon buah buahan seperti belimbing ,sawo, mangga,sukun nangka dan manggis .Selain itu juga kita laksanakan serentak di seluruh wilayah Kodam Jayakarta hari ini tersebar 10 titik yang nanti ada di video Confrence."terangnya.

Luas lahan yang sudah kita tanami bersama-sama saat ini adalah sekitar 26.450 meter persegi. Dengan beberapa jenis pohon buah buahan dan total pohon yang kita tanam ada 11.290 pohon.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pak gubernur pak, Kapolda dan seluruh jajaran di wilayah DKI Jakarta yang telah membantu kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.Kita harapkan nanti kedepan tiga bulan ke depan nanti mungkin kita bisa panen bersama, karena ini pohon cabai yang termasuk unggulan yang bisa kita jadikan sebagai komoditi yang baik dan tentunya ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan bantuan dari seluruh unsur yang ada di Jakarta dan bisa menjadikan Jakarta yang lebih baik , Jakarta yang lebih hijau dan juga masyarakat yang lebih sejahtera.

"Lahan ini akan kita gunakan sebaik mungkin dan tidak akan dikuasai oleh masyarakat, kebanyakan para pengusaha takut untuk dikuasai masyarakat tetapi ini tidak akan terjadi karena ada jaminan dari Babinsa Danramil dan Dandim bahwa ini kita gunakan semasa kosong agar tidak terbengkalai, tidak tidur saja tapi menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan". Ungkap pangdam .

Kegiatan ini dihadiri Pj. Gubernur DKI Jakarta (Bpk. Heru Budi Hartono) ,Kapolda Metro Jaya (Irjen Pol Karyoto, S.I.K),Staf Khusus KASAD (Mayjen TNI Johanis Payung, S.E., M.Tr.Han.),Kasdam Jaya/Jayakarta (Brigadir Jenderal TNI Tatang Subarna),Irdam Jaya (Brigjen TNI Dr. Triadi Murwanto, S.E., M.M.,) ,Kapoksahli Pangdam Jaya (Brigjen TNI Dodo Irmanto, S.I.P., M.Si. ),Para Asisten Kasdam Jaya, Para Kabalakdam Jaya, Para Kasi Kasrem 052/Wkr, Walikota Jakarta Utara (Dr. Ali Maulana Hakim, S.IP., M.Si), Dandim 0502/JU (Kolonel Kav Tofan Tri Anggoro, B.S)

(M.Nur, Sumber penrem52)

banner 400x130
banner 728x90