Lestarikan Kearifan Lokal, Pemdes Mekargading Gelar Acara Sedekah Bumi

oleh : -
Lestarikan Kearifan Lokal, Pemdes Mekargading Gelar Acara Sedekah Bumi
banner 970x250

KABUPATEN INDRAMAYU (Beritakeadilan, Jawa Barat) - Masarakat desa Mekargading kecamatan Sliyeg kabupaten Indramayu berduyun-duyun datangi kantor balaidesa setempat guna meramaikan acara tradisi sedekah bumi,Selasa(14/11/2023).

Tidak hanya datang menyaksikan prosesinya,namun juga mereka sambil membawa tumpeng untuk saling berbagi kepada warga sekitar.

Acara sedekah bumi juga dimeriahkan anak-anak PAUD Bangkit Semangat Mekargading dengan kreasi menggambarnya.

Kemudian dimeriahkan juga dengan pagelaran wayang kulit dan prosesi lainya dalam acara mendem sedekah bumi,ada hal unik dalam ritual sedekah bumi yaitu peletakan cincin emas kedalam sumur yang dilakukan oleh kepala desa Mekargading.

Kades Mekargading,Sofyan Gunawan menyampaikan peletakan cincin emas ke dalam sumur tertua desa Mekargading tersebut merupakan tradisi turun temurun sebelum dirinya menjadi kepala desa sekarang ini.

"ada acara lainya,seperti tradisi burak tumpeng(belah tumpeng-red),mendem pendil di poros desa(tengah sawah)Mekargading,kemudian doa bersama dengan warga desa,"ucap kuwu Opang sapaan akrab Sofyan Gunawan.

"Hal ini kami laksanakan semata-mata sebagai bentuk rasa sukur kami pemdes beserta warga desa Mekargading kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas apa yang telah diberikan-Nya,"ungkap Opang.

Hadir dalam gelaran sedekah bumi di desa Mekargading tersebut Danramil 1607/Sliyeg Kapten CHB Ahmad Rokhmat SH dan Kapolsek Sliyeg Iptu Sutrisno SH MH.

(Epul)

advertorial
banner 728x90